view.jpg

Teknologi adalah alat/karya yang dihasilkan dari penerapan suatu teori dan ilmu. Teknologi berfungsi untuk meringankan pekerjaan dan memudahkan hidup manusia. Pada dasarnya, teknologi akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Salah satu media sosial ternama di dunia, Facebook, berdiri pada tahun 2004 dan dikhususkan bagi para mahasiswa di Harvard. Sekarang (2016) bisa kita lihat bagaimana fitur-fitur yang ada di facebook berekspansi, memenuhi kebutuhan para penggunanya yang ada di seluruh dunia.

Facebook-User-Growth-Chart
Grafik Pengguna Facebook 2004-2015

Perlu dipahami bahwasannya Teknologi telah memengaruhi masyarakat dalam banyak hal. Di satu sisi, teknologi telah membantu umat manusia untuk mencapai sesuatu yang dahulu dianggap tidak mungkin. Akan tetapi, di lain sisi, teknologi juga bisa menimbulkan dampak yang merugikan manusia.

<>

Dewasa ini, banyak teknologi yang merubah cara berpikir manusia. Tidak jarang ia berfungsi sebagai alat penentu status sosial serta gaya hidup saja. Tidak sedikit pula masyarakat yang mendahulukan ego daripada akal sehat demi sebuah pengakuan semata.

Mari kita coba melirik kasus yang terjadi di kota Surabaya bulan November tahun 2015 silam, dimana sebuah mobil Lamborghini, menabrak warung STMJ yang berada di trotoar.

lambo
Eden Hazard aja bingung Lambo bisa sampai penyok begini

Berdasarkan info yang terkait, saat kejadian, mobil tersebut melaju dengan kecepatan yang tinggi, padahal, jalan yang ia lalui basah dan bergelombang. Akhirnya, mobil tersebut kehilangan kendali dan akhirnya menabrak penjual STMJ. Terdapat satu korban meninggal dunia dan beberapa yang terluka.

Melihat kasus tersebut, seharusnya, kecelakaan bisa dihindari apabila sang pengemudi tidak mengendarai mobil di kecepatan yang tinggi. Apalagi Lamborghini memiliki ground clearance yang rendah sehingga akan out of control apabila memasuki jalan yang bergelombang.

Hal ini menunjukkan bahwa teknologi yang mewah dan mahal belum tentu suitable serta memudahkan hidup seseorang. Justru hal tersebut bisa jadi hal yang membahayakan hidup apabila manusia tidak memanfaatkan teknologi tersebut secara seharusnya.

Perkembangan teknologi tidak selalu sebanding dengan perkembangan hidup manusia. Ia seperti boomerang, if we can’t control it, we’ll get controlled. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan attitude yang baik dan benar dalam menggunakan teknologi sehingga kita tidak terkena dampak negatifnya.

Advertisements