Dua hari setelah peristiwa hilangnya Nightfury, saya bertolak ke Bandung untuk menenangkan diri. Mengetahui keadaan tersebut, teman SMA saya yang sama-sama hobi otomotif mengajak saya pergi ke sirkuit Gery Mang Subang. Saya menyetujui ajakannya, kami sepakat untuk berkunjung kesana pada tanggal 25 April 2015.

Kami bertolak dari Bandung pada jam 09.00 dan sampai disana jam 11.00. Saya datang dengan si Red Mustang bersama teman saya dengan Ninja 250R Begundal miliknya. Disana sudah ada beberapa orang menggunakan motor matic dan bebek modifan road race dengan racing riding gear.

blog1
Red Mustang dan Ninja Begundal berada di Paddock Sirkuit Gery-Mang Subang

Holy syit, saya agak mider karena saya hanya menggunakan knee protector fox abal-abal, helm standar Yamaha R25, jaket, sarung tangan respiro dan sepatu converse yang sudah pudar (mau gimana lagi, cuman ada itu di rumah) 😦 😦

First 5 Laps

Setelah ngopi sebentar, kami masuk ke sirkuit. Dua laps awal, saya gunakan untuk warming up. Siang itu cuacanya cerah, sirkuit pun telah diaspal dengan yang baru sehingga membantu saya beradaptasi lebih cepat.

Satu per satu belokan saya lewati, setelah mulai terbiasa, di beberapa belokan, bagian bawah footstep bergesekan dengan jalan, terkadang battle kecil-kecilan dengan rider lainnya. Ada kendala pada lap-lap awal, saya tidak bisa kneedown dan bergerak fleksibel karena celana jeans yang kaku (mau gimana lagi, cuman ada itu di rumah) 😦 😦

Sirkuit Gery Mang Subang yang baru Diaspal
Sirkuit Gery Mang Subang yang baru Diaspal

Next 5 Laps

Setelah sesi pertama selesai, saya rest dulu sebentar dan mengevaluasi hasil 5 laps pertama. Intinya, masalah pada 5 laps pertama ini adalah tidak maksimalnya speed dan angle ketika saya sedang berbelok. Padahal, ban standard si Red Mustang sudah mencapai batas beloknya.

Chicken Stripes sudah tidak Terlihat di Ban Standard
Chicken Stripes sudah tidak Terlihat di Ban  Standard

Setelah berdiskusi dengan teman, saya memutuskan untuk mengikat footstep supaya terlipat sehingga tidak akan bergesekan dengan jalan ketika berada di tikungan. Setelah dicoba selama satu lap, saya kembali ke paddock. Kaki saya pegal, ide tersebut tidak berjalan dengan baik. *sigh*

Footstep Standard Diikat
Footstep Standard Diikat
Grinded Footstep
Grinded Footstep

Setelah footstep dikembalikan ke posisi semula, saya kembali ke sirkuit. Kali ini saya agak memaksa lutut untuk keluar. Alhasil, di beberapa belokan saya berhasil melakukan sedikit kneedown. Tapi, benar apa kata pepatah, semua yang dipaksakan itu tidak baik. Beberapa kali memaksa lutut keluar, si celana jeans kaku ini akhirnya robek, tidak tanggung-tanggung ,robeknya hingga diatas posisi saku belakang. *sigh again*

Ripped Pants, Broken Kneepad
Ripped Pants, Broken Kneepad

Tapi, hal tersebut membuat kaki bergerak secara leluasa sehingga pada akhirnya saya berhasil melakukan kneedown *horay*

Knee Down with Red Mustang
Knee Down with Red Mustang

Last 5 Laps

Lima laps terakhir ini saya jalani secara santai berhubung badan juga sudah terasa agak lelah. Saat sedang santai-santainya, tiba-tiba ada Ninja 150R yang menyalip saya. Dari yang saya lihat, sepertinya Ninja tersebut sudah di setting untuk road race, ridernya pun menggunakan wearpack balap.

Iseng-iseng saya meladeni Ninja tersebut, kami sempat battle di beberapa tikungan tapi selalu Ninja tersebut yang menang 😦 . Ada satu waktu dimana Ninja tersebut sengaja melebar, dan saya meyalipnya. Satu-satu tikungan saya lewati, entah kenapa saya agak memaksa untuk melewati tikungan dengan speed yang tinggi padahal saya sudah merasa tidak fokus. Benar saja, di tikungan akhir, saya terjatuh.

Untung si Red Mustang tidak terluka parah. Fairing, end grip dan knalpot lecet sementara handle rem dan stang agak sedikit bengkok.

DSC_0220
Handle Rem Bengkok, End Grip Lecet
DSC_0219
Fairing Kanan Lecet
DSC_0218
Knalpot Lecet

Review

  • Yamaha R25 dalam keadaan standard bisa digunakan untuk cornering dan kneedown. Saya sarankan untuk mengganti ban yang sesuai apabila anda ingin melakukan cornering yang lebih cepat
  • Gunakan frame slider yang sesuai dengan motor anda untuk meminimalisir kerusakan apabila anda terjatuh di sirkuit
  • Sebelum riding, saya sarankan untuk menyiapkan keadaan anda secara fisik dan psikis. Jangan lupa sarapan dan jangan terbawa emosi
  • Gunakan gear yang sesuai ketika anda riding di sirkuit. Jangan menggunakan celana yang kaku, nanti bisa robek seperti saya *peace*

Jatuh itu pasti, bangkit itu pilihan. Sampai jumpa di sirkuit kalau saya sudah liburan 😀

DSC_0213

