Assalamualaikum Wr.Wb

Halo kawan, how’s your day?

Jadi, hari ini saya mau berbagi info nih buat temen-temen yang mungkin merasa galau setelah meninggalkan bangku SMA. Mau bahas apa kitaa? Mahasis..waa *logat mengajar guru TK*

Mari kita sedikit bermain dengan analogi. Kalau lapar, kita akan makan. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan kita makan adalah agar kita tidak lapar. Nah, pernahkah terlintas sebuah pertanyaan di pikiran kita, buat apa sih kita jadi mahasiswa?

Definisi Siswa

Secara harfiah, Siswa adalah komponen masukan dalam sistem pendidikan yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Ibaratnya, siswa adalah sebuah kayu yang diproses, outputnya bisa menjadi meja, kursi atau lemari. Harapannya, dengan proses yang telah dilalui, kayu tersebut memiliki nilai guna bagi kehidupan manusia.

Apa sih bedanya siswa dan mahasiswa?

Siswa/Siswi adalah istilah bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi tertentu. (peraturan pemerintah RI No.30 tahun 1990)

Dari statement diatas, dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya seorang siswa atau mahasiswa memiliki tujuan yang SAMA. Yang membedakan keduanya hanyalah jenjang atau tingkatan ilmu pengetahuan yang dipelajari.

Mengapa harus ada jenjang? Jenjang dibuat dengan tujuan untuk membagi tahap belajar sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Sebagai contoh, akan sulit sekali apabila seseorang mempelajari kalkulus tanpa memahami matematika dasar terlebih dahulu.

Akan terjadi perbedaannya cukup drastis ketika seseorang mulai beranjak dari siswa menjadi mahasiswa. Ketika siswa SMA tidak masuk sekolah, wali kelas atau guru pengajar akan merespon dan mencari kabar tentang siswa tersebut. Berbeda dengan mahasiswa, masuk ataupun tidak, dosen tidak akan memberikan perhatian seperti guru SMA. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut untuk memiliki sikap mandiri, ulet, cekatan, dan lain sebagainya.

Peran Fungsi Mahasiswa

Selain itu, mahasiswa sudah mencapai jenjang dimana mereka bisa menunjukkan kualitas dan kontribusinya kepada masyarakat untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Hal tersebut dijabarkan menjadi beberapa peran sebagai berikut :

  1. Agent of Change

Ilmu dan pengetahuan yang diterima oleh mahasiswa sudah mencapai level pengaplikasian. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai agent of change diharapkan dapat membawa perubahan baik kepada masyarakat lewat aplikasi ilmu dan pengetahuan yang telah ia terima di bangku perkuliahan baik dari bidang akademis (profesi) maupun non-akademis (non-profesi).

  1. Iron Stock

Mahasiswa diharapkan dapat menjadi pengganti pemimpin-pemimpin terdahulu agar bangsa ini berubah menjadi lebih baik. Negeri ini seharusnya tidak ditopang dengan kayu yang sudah lapuk, tapi dengan baja yang kuat diterjang panas, dingin, badai sehingga kerangka dari bangsa ini tidak goyah dan runtuh.

  1. Social Control

Kehidupan sosial masyarakat indonesia dan masyarakat yang berada di lingkungan sekitar diharapkan dapat diawasi, diperbaiki dan dievaluasi oleh mahasiswa agar tidak terjadi ketidakcerdasan masyarakat yang dapat menghambat kemajuan bangsa Indonesia.

Idealnya, mahasiswa adalah orang yang memiliki peran-peran tersebut. Tetapi sayang, hal tersebut sudah jarang terlihat di kalangan mahasiswa Indonesia saat ini. Sekarang, mahasiswa indonesia banyak yang berpikir bahwa tujuan kuliah adalah hanya untuk mendapatkan kerja dengan gaji yang besar, hidup senang hingga akhirnya mati.

Banyak berbicara tapi tidak ada tindak nyata

Banyak melakukan sesuatu tapi tidak memahami tujuannya

Banyak membuat event yang besar, mengeluarkan dana yang banyak tapi tidak menghasilkan perubahan positif kepada masyarakat

Padahal, rakyat-rakyat diluar sana menunggu bantuan dari kita.

Sedih bukan? Ketika kita dapat tidur dengan kasur, diluar sana banyak orang yang harus mencari kardus agar tidak kedinginan di malam hari.

Sedih bukan? Ketika kita punya mobil tapi selalu terjebak di kemacetan karena karakter dan budaya masyarakat Indonesia yang sudah semerawut?

Sedih bukan? Ketika kita tidak tahu kapan semua ini akan berakhir?

Disini, saya memberikan gambaran dan berharap kepada teman-teman yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk memahami tujuan dan passion anda sebagai mahasiswa sehingga nantinya kalian tidak akan kecewa dan menempuh jalan yang salah.

Perubahan tidak akan datang apabila tidak ada yang bergerak. Mari, kita sebagai mahasiswa berhenti mengeluh dan mulai bergerak, berbenah merubah masyarakat demi Indonesia yang lebih baik untuk kedepannya.

8_camac_design_leeds_college_of_art_yr1_textile_students_photo_ben_taylor_07

Wassalamualaikum Wr.Wb

Advertisements